http://www.blogger.com/html?blogID=18866661 Edit HTML eruan: May 2006

Wednesday, May 31, 2006

panicommunication

Sebagai copywriter telinga gw gatel ngeliat beberapa komunikasi yang gak efektif….

waktu gw esodus sampe Klaten….
“Alkisah Isu Tsunami juga menyebar sampe ke Kota ini sesaat setelah Gempa pertama ….dan walhasil seluruh warga langsung mengungsi dengan panik luar biasa. Mereka berbondong-bondong pergi ke arah timur melewati puing-puing gedung…sementara itu ditengah jalan seorang Polisi berteriak melalui speaker mobil patrol nya :
“ Tidak ada apa-apa…tidak ada apa-apa”
dengan puing-puing disekelilingnya mana ada orang yang bakal percaya kalo gak ada apa-apa…….kali bakal lebih ngefek kalo Pak Polisi berteriak seperti team SAR di UII
“Tidak terjadi Tsunami…..”
pasti langsung didengerin……..dan diturutin…

gw dapet SMS
Ktkan ini dengan pelan, Allah sy cinta km dan sy butuh km dtglah ke htku.krmke 10 org(trmask sy) lht keajaiban mlm ini tlg jgn dihapus ini benar-benar terjadi.
Hmmm temen gw yang ngirim muslim…sebagai seorang muslim gw juga bingung asli mo gw kirim ke siapa ajah…..emang seeh what to say na keren bangedd ngajak kita buat deket ma Allah….tapi how to say na…kok gak berasa yak feel Islamina..soalnya kalo gw liat dari struktur bahasana kok Allah ma kita kaya sepadan gitu yak.
nah menurut gw pribadi bakal lebih gw bangedd kalo sedikit gw
Ktkan ini dengan lembut, Allah hamba cinta engkau dan hamba butuh Engkau dtglah ke htku ya Allah….krmke 10 org(trmask sy) lht keajaiban mlm ini tlg jgn dihapus ini benar-benar terjadi.
Begitu sekian dan terima kasih…buat temen-temen yang masih setia mengajak aku beribadah…..hatturr nuhun pisan…semoga amal baik kalian di terima Allah SWT……..hayu urang ka sorga bareng….
NB. tulung atuh diperhatikan how to say na...sayang kan kalo pesan muliya tidak sampai......
untuk pesan komunikasi efektif dan Insya Allah baraqah hubungi
erwansudiwijaya@yahoo.com

war of the world na Jokja....

Sabtu 29, Mei 2006.

05.28
Kost, saat gw kejaga di pagi itu buat liat pagi sementara dan tertidur kembali

05.44
Gerubuk…gerubuk….Indra temen sekost gw tereak….
“Waaaannn keluar…”
eddan, gw bisa liat kost goyang-goyang……..sampe beberapa saat kita masih di depan kost sambil nebak-nebak kalo ini gempa dari Merapi…waah jadi meledug…kayana mah….

06.00
ajroooot!! Gw lupa hari ini bareng dedi harus ngisi kuliah di Solo….
“wooi gak usah mandi buruan ke stasion kita pake prameks ke Solo”
sepanjang jalan menuju lempuyangan gw dibikin tercengang ama…4 los pasar yang ambruk belom lagi 1 rumah old skul yang gw jamin konstruksinya dah gak up to date lagi ma bencana jaman sekarang….
Semua orang jogja nongkrong bareng sambil ngobrolin gempa barusan……pemandangan rada darurat gw liat saat ada pickup biru yang bawa nenek….kayana seeh korban reruntuhan…..

06.30
St. KA. Lempuyangan
+ “perjalanan kereta gak terganggu mas”
- “oke dah prameks dua mbak…”
menunggulah kita di stasion dengan canda tawa karena kita bertemu Sambenk disana…..

07.00
“tittititit….titititit..click –ded parang tritis banjir-
kian meledakk tawa kita…yaiyalah pantai gitu logh….kalo parang kusumo baru gempa tiap malam…huahahahahaha

07.30
Kereta Api belum juga datang, katanya seeh dari solo masih belum datang…..tiba-tiba raungan motor memecah canda tawa kita…..kaleee abis gempa terus kampanye…..tapi bentar…..
“banyu munggah…..banyu munggah”
wadduh kayanya tsunami neeh, yang dibenak kita langsung aceh….whaaaa buruan ambil otor dan cabut ke utara…kemana kek..jakal…..okai lah…..
serta merta qta be3 naek ninja dedi ke utara sampe samping RS. Bethesda di sana kita nongkrong sambil ngeliatin orang bulak-balik eh gak ding kan searah ke utara semua jadi bulak-bulak panik…..gimana nggak listrik mati, otomatis radio ma tipi gak bisa diakses andelan qta cuma HP doang. Makanya isu tsunami yang gak tau siapa yang nyebarin (jahaaaaat….!!!!) langsung di tanggepin ratusan warga jogja dengan antusiasme berlebihan…..ditambah sedikit panik menjadi darurrraaattttt….
Dari situ gw nemuin beberapa fakta :
- harga bensin Rp. 6.000
- HT satpam Bethesda abis batreenya
- Beberapa kecelakaan terjadi lantaran orang-orang pada panik
Dan gw nyimpulin kalo segimana canggihnya teknologi komunikasi manusia tetep gak ada apa-apanya lah ama Allah….lah kalo udah kaya kondisi kemaren alat komunikasi mouth to mouth yang old skul bangedddd terbukti paling efisien ditambah raut muka panik….panik pulalah Jokja…

qta gak tau dah berapa lama nongkrong di Bethesda..sampai kemudian….
Drrrrt…drrrrt…drrrrt…
Eddan gempa lagi….biar gak terlalu gede….tapi menyulut tekad kita buat menyatukan langkah dalam kobaran semangat menuju SOLO…….

Dalam formasi spesial..dedi di bagian depan sementara sambenk terhimpit di tengah dan gw di belakang sambil terus meneriakan semua informasi terbaru yang gw up date selalu melalui hp dedi…..

Di jalan kita eksodus bareng ribuan orang yang juga panik…..ada bapak-bapak yang pake singlet doang, nyeker ama dibelakangnya istrina ngedekep erat anakna…..trus rombongan motor makin seru bayang pun satu motor dipake be3 biasa banged…..karena ada yang sampe di pake ber 5….amazing!!!! mobil seeh masih kalah seru soalnya ada sedan isinya full 10 orang didedet kaya sarden…….nah yang buat gw seru bangeddd waktu liat rombongan mahasiswi pada jalan kaki sambil bergegas begitu……..bayangpun gw berasa di tengah-tengah setting na war of the world….panik…terisolasi dari informasi……gawaddd darrruraddddd dah………

09.00
Di Jalan Solo qta brenti buwat ngisi bensin…antrianna naudzubillah…..panjang benneerrr…sementara dedi ngisi bensin gw ma sambenk ngobrol bareng orang-orang nah kita dikabarin kalo 300 rumah di Bantul ambruk…….edddun……sangar……..
Abis itu kita ngelanjutin lagi jalan ke arah solo……..eddan saphir square rontok bro!!!......bangunan laen banyak juga yang luluh lantah……..terus…porak poranda sampe Plaza Ambarrukmo juga retak-retak……eddan sanggarrrr sumpah deh……war of the world bangedddd lantaran sampe klaten pemandangan begini gak putus-putus…….
Phuhhhhhh

11.00
Purwosari…….
Alhamdulillah qta masih idup sulamedd sampe Solo.
Dan disini adem ayem…beda bangedd ma Jogja……..
I luv my Jogja………

Monday, May 08, 2006

brand..nite

Ini hasil obrolan saya dengan salah satu jawara periklanan di Indonesia Raya dan Merdeka...saya rekam beberapa waktu yang lalu...maapkan baru bisa terbit...oiya untuk memudahkan keterbacaan saya terpakasa mengedit beberapa bagian..selamad menikmati..
ironnius: woooi
ironnius: sori barusan nungguin GD
ironnius: weheheh
ironnius: piye kabare?
erwansudiwijaya: apppekkkk..

erwansudiwijaya: lembur terus ki....

erwansudiwijaya: dah pindah kah..

ironnius: udah setengah bulan pindah
ironnius: lembur apaan?
erwansudiwijaya: wuahhhhh senang nya........

ironnius: hahaha, biasa wae, gaweane podo wae
ironnius: heheh
erwansudiwijaya: bikin natasha, computa ama company profile

erwansudiwijaya: dan semua brand lokal yang ada di jogja...bakal kita garap semuah.....

erwansudiwijaya: huahahahahaha

erwansudiwijaya: mas sebagai...copywriter aku bingun neeh....job desc aku apaan yak.....abis disini kan aku gak punya senior....

ironnius: bikin copy & ikut mikir visual
erwansudiwijaya: nah...itu waktu brainstorming pola pikirku tentang produk harus secara visual apa copy

erwansudiwijaya: soale aku liat iklan-iklan yang copy base.....trus aku mikir pola pikir waktu brainstorming gimana yak

ironnius: dua2nya
ironnius: baik AD maupun CW harus bisa bikin ide secara utuh
erwansudiwijaya: iya juga seeh.....tapi kadang tuh aku ngerasa keberadaanku sia-sia kalo akhirnya copy yang di pake sangat sedikit.....

erwansudiwijaya: aneh ya mas......makanya aku share ma mas roni....

ironnius: nggak masalah seberapa besar porsi karya kita di dalam iklan
ironnius: entah copy based & art based itu cuma masalah cara
ironnius: yang penting ide utuhnya
erwansudiwijaya: aku juga sebenernya seeh suka ma iklan2 yang festival dengan dominasi visual dan logo produk di pojok kanan bawah......kayanya universal bangedd.....
ironnius: hehe, itu trennya lagi begitu
ironnius: sama dengan iklan taun 80 an akhir yang copynya gede bgt
erwansudiwijaya: wah boleh dah ntar aku liat the 80s ads
erwansudiwijaya: trus yang kita lagi debatin di PU crafting itu apaan yak....
erwansudiwijaya: yang kita tau kalo karya dari team jadi trus maju pak eko....
erwansudiwijaya: apa itu yang namanya crafting..
ironnius: crafting itu semangat utk ngulik
ironnius: hehehe
ironnius: crafting berarti ngulik2 detail sampe dapet yang terbaik
ironnius: kalo visual, ya craftingnya divisualnya, kalo copy ya craftingnya di teksnya
erwansudiwijaya: dibandingin ama messagenya yak......buat mereduksi distorsi komunikasi gitu...

ironnius: crafting itu masalah eksekusi, fungsinya utk memastikan pesan utamanya tersampaikan dg baik & cantik
ironnius: iklan itu dilihat orang pertama kali 70% karena eksekusinya
ironnius: setelah itu dipahami orang 60% karena pesannya
erwansudiwijaya: jangan gitu dong....pesan kita liar eksekusinya jogja bangedddd

erwansudiwijaya: trus kok ada yak yang seneng ma karya kita...hua..ha..ha....

ironnius: jangan puas segitu
ironnius: awalnya orang akan memaklumi karena itu dari jogja, eksekusi boleh nggak mulus, tapi lama2 no excuse
erwansudiwijaya: halllah kita mah gak pernah puas....

erwansudiwijaya: sampe ide kita gak harus dengan sangat terpaksa di sederhanain lagi buat ngakalin eksekusi

erwansudiwijaya: suatu saat dimana semua fresh freak idea bisa dieksekusi..hua...ha...ha......

ironnius: nah itu, seharusnya eksekusi jangan membunuh & membatasi ide
ironnius: ide harusnya melanglang tinggi, dan eksekusi dibuat sebaik2nya ngikutin ide
ironnius: batasan satu2nya adalah klien
erwansudiwijaya: iya seeh... tapi serunya di petakumpet dengan keterbatasan malah banyak keajaiban yang bisa terjadi....ada ajah jalan yang bisa diakalin bareng-bareng buat mengeksekusi

ironnius: sejauh ini, itulah satu2nya perbedaan di jakarta & yk
ironnius: disini eksekusi harus dikejar, meskipun biaya sekali motret 20 juta & sekali bikin TVC 1 miliar tetep aja harus dikejar
ironnius: tapi aku yakin yk suatu saat pasti akan begitu

erwansudiwijaya: btw itu duit semua mas...anjirrr!!!!!

ironnius: kalo klien setuju, biaya bisa jadi gak masalah
ironnius: di jakarta, banyak iklan TV yg dibuat dg biaya diatas 3 M
ironnius: di amerika, banyak iklan yg dibuat diatas 20 juta dolar !
erwansudiwijaya: hmmmmm..iya juga yak.......sory kebanyakan berpikir secara mikro jogja doang.......

erwansudiwijaya: jadi gak pernah ngebayangin kalo ada klien yang mau bayarin bikin TVC abis story boardku banyak banget di komputer gak pernah acc

ironnius: one day pasti bisa
ironnius: tenang aja
erwansudiwijaya: mas piye biro iklanmu yang baru...banyak orang jepangnya gak...di kreatif

erwansudiwijaya: btw masih di kreatif kan...atawa pindah ke hrd lagi....

ironnius: emang pnah di hrd?
ironnius: gak ada orang jepang di kreatif
ironnius: ECDnya bekas ECD JWT singapore & jakarta
ironnius: orang singapore
erwansudiwijaya: ECD itu eksekutif Creative Director yak....

ironnius: iya
ironnius: CD ada 4, jadi dia bosnya para CD itu
erwansudiwijaya: terus semua output kreatif harus lewat dia.....lama amat.....

erwansudiwijaya:
mas trus kalo teammu bikin iklan yang local content teammu yang dari luar nagri dong...gak...

erwansudiwijaya: aku ngebandingin aku ma dedi sama2 dari solo punya back ground budaya yang sama tapi kalo dah di compare ma indra yang dari jambi suka gak nyambung......

erwansudiwijaya: nah kalo pathneran ama orang yang beda negara buat iklan di indonesia.....gimana tuh

ironnius: hehehe, semakin gede agencynya, urusannya emang tambah ribet
ironnius: kalo local content emang agak susah nyambung, tapi pada dasarnya iklan itu harus universal
ironnius: meskipun local content, harus tetep universal
erwansudiwijaya: yap......bener juga euy..

erwansudiwijaya: satu team biasanya satu CW ama satu AD gitu...gak..

ironnius: aku 2 AD satu CW
ironnius: idealnya 1 AD, 1 CW
ironnius: makanya timku lg nyari nih
erwansudiwijaya: hmmmmm........boleh....nehhh.....he..hehehehe....

erwansudiwijaya:
mas roni bisa ajah...kebanting lah aku disana.....

erwansudiwijaya: paling bego sendiri....

ironnius: even ogilvy used to be a boy
erwansudiwijaya: iya.......banzai!!!!!

erwansudiwijaya: saradnya apaan...potokopi KTP ama KK berapa....trus surat keterangan dari kelurahan di legalisir berapa yak...
ironnius: hahaha
erwansudiwijaya: lho ndak pake begituan yak...jadi mbawa gula ama teh cukup neeh...

ironnius: kamu pnah denger CP&B?
ironnius: Crispin Porter & Bogusky
erwansudiwijaya: aduh mas roni maap aku taunya CPNS doang...gimana tuh temenan ama CP&B apa malah sobatan..seurius aku belum tau..

ironnius: hehehe, aku selalu ceritakan ttg CP&B ini ke temen2 di PU
ironnius: CP&B adalah agency yang dapet gelar The Most Awarded Agency in the world tahun 2004
ironnius: agency paling kreatif di dunia
erwansudiwijaya: oooo yang megang ikea dan konon katanya ada di kota kecil nun jauh di amerika sana yak

ironnius: yupp
ironnius: itu sebabnya aku selalu nyaranin anak PU utk gak cabut dulu dari PU
ironnius: PU lagi menjelang start sekarang
ironnius: satu2nya agency di daerah yang potensial ngalahin agency2 gede di jkt
ironnius: dan kamu tau siapa Chuck Porter pendiri CP&B itu?
ironnius: dia adalah CD yang nggak pernah kerja di agency besar manapun
ironnius: sebelumnya dia adalah freelancer!
erwansudiwijaya: pasti kakaknya harry poterr


erwansudiwijaya: huahahahaha
erwansudiwijaya: pasti salah lagi...siapa tu mas..
erwansudiwijaya: hmmmm....
erwansudiwijaya: Pak eko bangedddd
ironnius: yupp
ironnius: pak eko bakal jadi salah satu CD paling kreatif di yk
ironnius: aku yakin bgt
erwansudiwijaya: bukan bakal lagi......tapi udah di sembah-sembah malah...tinggal nunggu berhalanya jadi ajah ngegantiin tugu...ups....

erwansudiwijaya: jadi emang rencana anak2 kreatif untuk menjadikan pak eko salah satu icon jogja...biar kalo ada iklan tentang jogja kita gampang ngedapetin imagenya.....
ironnius: hehe, pak eko itu selalu nyimpen senjatanya
erwansudiwijaya: iya dong...hasilnya dadab...
ironnius: gak pnah ngeliatin kalo dia kreatif, sampe kalo udah waktunya tiba2 jgerr
erwansudiwijaya: aku selalu mikir apa semua CD itu kaya pak eko yak.....pak eko kan pasti nerima ide kita buat dia bahas gak peduli seberapa jayuzznya ide kita
ironnius: nggak semua CD kaya gitu
ironnius: CD itu nggak harus jadi orang paling kreatif di tim, tapi dia harus bisa membangkitkan ide2 paling kreatif dari anggota timnya
ironnius: dan pak eko itu, selain paling kreatif juga pinter bikin kita kreatif
erwansudiwijaya: yang aku rasain sekarang disaat bohlam kita meledak pak eko nampung semua itu....hingga saat bohlam kita tinggal satu lima watt pula...beliau tetep punya ribuan bohlam buat diledakan

ironnius: yup & gud words
erwansudiwijaya: thax 4 da support dah.....oiyah....kita kan masih muda-muda neeh...kalo di jakarta anak kreatifna yang tua ada gak..atawa masuk ke manajerial

ironnius: tau gak, GD & FA dibawahku itu umurnya 40an!
ironnius: aku sering gak enak kalo minta tolong
erwansudiwijaya: untung bukan di jokja...kita mo minta tulung mas yudi ajah pekewuh setengah mati

ironnius: wakakkaka
ironnius: nah aku rasane kalo kaya minta tlg mas yudi
ironnius: pdhal secara struktural jelas FA & GD dibawah AD
erwansudiwijaya: mereka baru masuk yak...kalo dah lama kan harusnya naek ke jenjang berikutna

ironnius: enggak, mereka justru orang2 senior disini
ironnius: tapi dari awal dulu mereka tetep jadi GD & FA
erwansudiwijaya: oooo FA itu ngebikinin Storyboardnya copywriter juga yak....
ironnius: FA itu final artwork artist

ironnius: dia ndesain ulang layout hi res
ironnius: jadi kalo udah final, dia bikin ulang semuanya
erwansudiwijaya: ooooo
ironnius: image dsb
erwansudiwijaya: yeah..i see
erwansudiwijaya: mas ad!crowd jakarta pada tau petakumpet gak seeh.....
erwansudiwijaya: soalnya waktu dicakram award client kita gak ada yang dimuat....kelewat lokal kali yak...tapi kan tetep ajah mereka klien kita biar banya revisina tetep klien kita biar waktu presentasi sering di cela lantaran ide kita kelewat ngadfest tapi tetep klien kita tercinta.......
ironnius: iya pada tau koq
ironnius: CD-CD disini pada tau ttp PU
ironnius: heheh
ironnius: dak papa
ironnius: keep up da spirit bro
ironnius: btw aku cabut dulu ya
ironnius: see u
ironnius: & good luck
erwansudiwijaya: okai adios amigos parantosss....