Tuesday, November 28, 2006
+Semarang, Ad Class
Preambule
Selamat Segar Semarangan, di hari yang segar ini saya bergabung di advertising class yang bertema wajah Periklanan Indonesia tentu saja dari wajah kreatif. Berhubung tema yang diangkat seluas samudra dan sedalam lautan, maka saya pilih perairan yang sesuai dengan kapabilitas saya dan tentu saja target audiens Mahasiswa. Jadi kurang lebih alur presentasi saya begini :
· Bebas Lepas Puas-Puas.
· Insight Indonesia
KR
DogDay
Kuburan
· Insight India dan Thailand
· Show Ur Ad
BG Award CP
Student Award Pinasthika
Daun Muda
Young Ad Director
Bebas Lepas Puas Puas
Nikmatnya jadi mahasiswa buat berpikir bebas menembus batas tanpa terikat rengekan klien yang bikin mandul. Nikmatnya mahasiswa juga bisa puas-puas berkesplorasi tanpa takut nggak deal. Jadi sekarang waktunya untuk bulatkan tekad, satukan asa, samakan langkah dan bikin port folio sebanyak-banyaknya. Tidak perlu takut etika, tidak perlu takut beda dan tentu saja tidak perlu takut aneh. Karena iklan sebagai bagian dari Promo Campaign sebuah brand membutuhkan sensasi out of the box yang mampu menjadi stopping power bagi target audience. Referensi iklan menjadi sumber utama untuk memperkaya sudut pandang kita dalam menyampaikan pesan. Selain itu disini juga trend iklan di berbagai negara dapat dengan mudah kita lihat. So what r u waiting 4, just turn on ur compie and click
www.petakumpetworld.com
www.adsoftheworld.com
www.adscriminal.com
Insight Indonesia
Iklan itu media Komunikasi Massa, jadi Iklan selalu merespon pola kehidupan masyarakat yang menjadi target audiensnya melalui insight.
Insight/insait/kb. 1. wawasan, pengertian, pengetahuan 2. Wawasan dari target audiens tentang hal/ suatu hal yang menumbuhkan keinginan mendalam (erwan create it:).
Walaupun kita dikenal sebagai bangsa yang besar dengan keanekaragaman budayanya, Iklan ber-insight Indonesia bukan berarti iklan dengan taburan budaya dan adat istiadat yang sengaja ditampilkan dalam visual maupun copy. Insight akan lebih terasa jika diangkat dari pola kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Coba amati keseharian masyarakat Indonesia lalu capture-lah yang sesuai dengan kebutuhan pesan kita.
TVC Surf versi “mencium tangan” mampu menyampaikan pesan “wangi baru surf” dengan pas pada target audiens. Insight mencium tangan yang digunakan merupakan penggalan dari realitas keseharian masyarakat Indonesia. Insight ini kemudian diolah ke scene berikutnya dengan shock pada adegan anak kecil yang tidak rela melepas tangan ibunya. Menjadi sebuah keinginan untuk mencuci dengan aroma wangi yang di hiperbolis dengan anak yang tidak rela melepas tangan ibunya.
Berikut saya bawakan beberapa contoh Iklan yang pernah saya dan team buat yang juga berawal dari Insight.
1. Kedaulatan Rakyat
Pesan : Migunani Tumraping Liyan.
Versi :
Punk
Banci
Pincang
Insight : Pola hidup masyarakat Jogja yang ringan tangan dan saling tolong menolong.
2. Jogja Dog Days
Pesan : Semua
Versi :
Anjing Kencing
Anjing Lompat
Anjing Mengejar Kucing
Insight : Kebiasaan anjing di Jogja saat menandai daerah kekuasaan, bermain dengan tuannya dan mengejar musuh bebuyutannya.
Insight India dan Thailand
Untuk kancah riweuh dunia periklanan Adfest, India dan Thailand menjadi dua primadona iklan. Para pekerja kreatif di dua Negara ini sangat percaya diri untuk menonjolkan India dan Thailand dengan apa adanya dan hasilnya ketakutan bahwa juri-juri internasional tidak akan mengerti insight local langsung terbantahkan bahkan beberapa iklan merajai adfest belakangan ini.
Show Up ur Ad!
Saat darah mulai terpompa ke otak menjadi saat fenomenal untuk memulai brainstorming, semburan adrenalin beroktan tinggi mampu memacu sisi kreatif setiap orang untuk mulai berkarya sepuas-puasnya. Tapi jangan berhenti pada nilai A saja buktikan juga kalau karya kita memang kreatif. Hingga presentasi ini dibuat ajang kreatif seperti :
Ad Student Award Pinasthika
Young Ad Director Pinasthika
BG Award Citra Pariwara
Daun Muda Citra Pariwara
Adstudent Jawa Pos Award
Tetap dijadikan batu loncatan bagi para pekerja iklan muda karena komposisi workshop yang padat dalam setiap ajang ditambah deathline lomba dan brief inspiring dari setiap juri menjadi arena bermain menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan.
Thanks
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment