http://www.blogger.com/html?blogID=18866661 Edit HTML eruan: July 2008

Tuesday, July 22, 2008

Merek EO dengan Asosiasi Cahaya

Duh ndak tau kenapa peribahasa jawa urip iku urup kok jadi headline selama bulan ini di kepalaku. Jadi waktu tante qq minta dibikinin logo buat EO nya....hmmm dia sih sebenernya pengen dicariin font yang pas ajah buat Fortunate O, eo yang bakal dia rilis dari rumah hehehehehe, emang ibu-ibu sekarang kreatip-kreatip...at least lumayanlah ibu ini udah sadar pentingnya sebuah brand sebagai identitas makanya dia pengen yang fontnya bagus....nah jujur ajah secara aku bukan desainer yang apal berjuta-juta font jadi kudu peke pendekatan laen, hehehehe aslinya ngeles buat ngakalin doang...wuoke aku mule buka diskusi dengan ngejelasin kalo logo gak harus nama yang pake font keren (logotype) tapi bisa ajah simbol hmmm garuda pancasila kan simbol negara, tapi tulisan endonesah gak ada yang baku kudu pake font apah...hmmm tante qq manggut-manggut trus batuk-batuk bijak hahahahahaha. Wuoke mule aku tanya hmmm sebenernya pembedanya apa sih dibanding yang laen, trus dia jawab "gak ada sih, wan sama ajah lah....lha kudu ada dungs, trus dia mulai menerawang oiya aku bikin pameran buat bisnis produk herbal di beberapa kota, tapi gak kebatas itu ajah cuma kayananya kedepannya kita lebih ngelayanin satu kategori bisnis deh..wuoke aku coba ambil benang merah dari order-order EO nya tante ku ini adalah membantu bisnis laen.

lalu aku coba menyusun alur

nama : Fortunate O
karakternya : bisnis to bisnis
insight : klien dengan bisnis yang sudah bisa memproduksi sebuah produk dan mengerti siapa target konsumennya ini dibantu untuk memasarkan produknya. jadi semacam jembatan antara konsumen dan produsen...hmmm tapi yang malem itu kepikir kalo jembatan kok kaya distributor nah karena itu malem aku langsung terbayang ilustrasi klien mereka ibarat mobil yang siap jalan dan mengerti peta tapi mereka belum bisa jalan. Nah fortunate O hadir sebagai pijar lampu yang menerangi laju mobil ini untuk memahami peta.

Oke ide pijar/cahaya ini yang kuolah jadi corporate identitiy, nah sambil belajar disen dengan keterbatasan font yang aku suka (arial doang) jadinya begini nih..




Sunday, July 13, 2008

Merek buat Peternakan

Waktu ngemsi basket kemaren, ceweknya temenku yang ngajakin ngemsi minta tolong bikin logo buat peternakan bapaknya...awalnya sih dia cuma konsultasi visual gimana caranya gambar sapi ma padi digabungin....trus kujawab ajah, kasih ajah gambar sapi lah dia bingung...lah iya kan padinya dah dimakan sapi hahahahahha. Dia makin bingung. Nah secara gak tega liat dia makin bingung trus aku coba mengorek lebih dalem, dan ternyata di dapat kalo tujuan dia bikin logo sebenernya buat identitas. Hmmm lebih tepatnya pengisi plang diatas gapura peternakan bapaknya yang sudah berdiri puluhan tahun yang lalu. Owkai make sense biar para blantik gak kesasar kali yaaaa, nah berhubung usahanya business to business jadi dia gak butuh-butuh amat branding yang niat gitu...

Lanjut..sebenernya usaha bapaknya ada dua Peternakan Sapi ama Penggilingan Padi. Nah kedua brand ini, dia pengennya berdiri dalam satu umbrella brand, nah makanya dia bingung ngegabungin padi ma sapi. Nah kusaranin buat pake asosiasi yang lebih umum biar kalo sewaktu-waktu bapaknya mo ekspansi bisnis dan bikin brand extension jadi lebih gampang. Bayangin deh kalo dia pake nama Papi (Padi Sapi) trus bapaknya ngembangin ternaknya sapinya jadi pabrik Susu, trus dari penggilingan padi bikin sentra industri Karak, trus beli kebon Kopra ama trakhir bikin pabrik Bakwan..nah dengan metode akronim namanya jadi panjang yaitu. PaPi SuKa PraWan wuaaah nama perusahaan yang aneh hehehehehe

Makanya aku saranin pake asosiasi yang lebih umum kaya higienis, kaya gizi atau malah sehat..dan digabung dengan nama sangsakerta agar citra jawanya tetap berasa..lho ini penting lho buat identifikasi tempat...jadi namanya bisa pake

Resik Jaya

Makmur Abadi

Sri Makmur

hehehehehehehehe....